Penayangan

Kehebatan Semut

Selasa, 20 November 2012


Cepat,Tepat,dan Akurat Ala Semut.
    
      Keputusan yg cepat dan tepat,merupakan awal bagi hasil yg hebat. Tapi,benarkah manusia masih kalah dibanding semut,dalam urusan mengambil keput usan yg cepat,tepat,dan akurat.!Mengapa pula manusia perlu ber guru pada semut...

    Ada gula ada semut..inilah pep atah yg sering kita dengar.Selebih nya, mungkin nggak banyak yang tahu, selama ini semut juga di ket ahui sebagai mahluk sosial dan pi tar. Jadi, nggak heran kalo semut menjadi pengambil keputusan yg andal..

    Koloni semut terbukti dapat me nganbil keputusan dgn cepat saat berburu mangsa, nggak hanya me nentukan jalur lalulintas dari su mber makanan ke sarang. Ini terb ukti saat iring-iringan semut ber hasil beradaptasi dengan lingkun gan sekitarnya saat iring-iringan semut dihambat..

 

    Untuk menguji menguji keme mpuan semut menghadapi masal ah, Audrey Dussutour dan timnya dari Univesitas Sydney, Australia pernah melakukan penelitian sec ara mendalam dan panjang. Salah satunya, mengujicoba meletakan lembaran plastik yg sangat dekat dgn permukaan jalur rombongan semut pemotong daun yg sedang mengangkut mangsa..

     Meski ruang di bawah lembara n plastik masih dapat dilalui sem ut , potongan daun tetap mustahil bagi mereka untuk melaluinya. Dan agar semut nggak mencari jal an memutar jalur sekitarnya pun ditutup..
 Hasilnya sungguh mengejutka n. Kemacetan nggak terjadi, karna semut-semut segera belajar untuk memotong-motong daun menjadi lebih kecil. Setelah 24 jam, semut nggak hanya memotong, melaink an nenggulungnya sehingga lebi h mudah dibawa di bawah lapisan plastik yg terlalu sempit..

           Hal itu menunjukan bahwa se mut benar-benar pengambil kepu tusan yg hebat. Cepat, tepat, dan akurat..
  Mereka, semut-semut itu, ngga k hanya beradaptasi, namun men gembangkan strategi yg lebih bai k. Para peneliti menyatakan, stra tegi tersebut mungkin dikembang kan dari proses yg disebut Social Fasilitation (kemudahan sosial), hal yg selama ini menjadi sesuatu yang "sulit" bagi manusia..
  Ilmu Komunikasi
  Dalam ujicoba tersebut, saat pl astik menghalangi, beberapa ekor semut yg sebelumnya membawa daun ukuran besar akan memoto ng-motongnya agar sesuwai dgn ukuran lorong dan tetap berada di dalam lorong. Sementara semut yg belum membawa daun akan be rtemu dgnnya dan mendapat inf ormasi tsb. Inilah ilmu komunika si tingkat tinggi. Benar-benar me ngagumkan..
  Ibarat banyak orang makan es krim, lalu kita ingin membelinya juga. Inilah gambaran sederhana dari perilaku dahsyat semut, uta manya dalam mengambil keputu san secara cepat, tepat, dan tentu saja akurat..
  Namun, sayangnya, untuk me ngetahui bagaimana strategi mu lai terbentuk, perlu dilakukan pe nelitian lebih lanjut. Para penelit i agaknya harus melakukan peng amatan lebih lanjut kepada masi ng-masing individu, misalnya me nandainya menggunaka pewarna, untuk melihat proses pengambil an keputusan itu. Sehingga kita, manusia, bisa benar-benar belaja r kebijakan dan strategi dari semut


Sumber: http://kehebatansemut.blogspot.com/2011/04/kehebatan-semut.html

1 komentar:

MatematikaAsyik mengatakan...

sederhana, simpel, ala Faiz Amin Jaya bin Suparno...

Posting Komentar